Tuesday, September 18, 2018

Menarik Hati Pembaca Lewat Cerpen, Begini Caranya

Menarik Hati Pembaca Lewat Cerpen, Begini Caranya

Menulis adalah tidak benar satu hobi yang mendatangkan banyak manfaat. Terdapat sebagian style postingan yang dapat kami jadikan sebagai genre menulis kita, layaknya cerpen. Cerpen atau cerita pendek merupakan postingan yang berisikan cerita yang mempunyai kandungan alur, tokoh, latar, maupun nilai moral. Cerpen yang bagus sudah pasti dapat memicu pembaca merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh di di dalam cerita. Tidak ringan memang menulis cerita yang dapat membawa pembaca mengalir di dalamnya. 


Berikut ini adalah sebagian tips untuk mendapatkan hati pembaca cerpen:

1. Cari sasaran pembaca yang tepat
Sebelum jauh ke tips lain, tersedia baiknya kami lihat apakah cerita yang kami bikin sudah cocok bersama dengan sasaran pembaca yang direncanakan. Sebelum memicu cerita, 5 hal penting untuk menjadi penulis artikel populer hendaknya kami sadar siapa sasaran pembaca cerpen kami nanti, apakah itu anak-anak, remaja, dewasa atau apalagi orang tua. Tidak hanya hingga situ saja, karakteristik sasaran pembaca terhitung mutlak untuk diperhatikan, layaknya pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal dan lain sebagainya. Apabila sasaran pembaca adalah remaja yang tetap sekolah, maka cerita yang hendak dibikin seharusnya terhitung berkaitan bersama dengan kehidupan mereka. 

2. Gunakan pengalaman yang umum
Sebagian besar penulis memicu cerita berdasarkan pengalaman khusus yang dulu dialaminya. Hal ini memudahkan penulis untuk menyampaikan setiap kata dan inspirasi hingga jadi suatu cerita yang menarik. Namun, satu hal yang perlu kami waspadai. Semakin unik atau tertentu pengalaman kita, maka semakin sedikit orang lain yang dulu mengalaminya juga. Apabila pembaca belum dulu mengalami cerita di dalamnya atau apalagi pembaca asing bersama dengan pengalaman tersebut maka rasa simpatinya dapat berkurang. Oleh gara-gara itu, cerita yang dekat bersama dengan pengalaman para pembaca dapat memicu mereka lebih ringan sadar dan merasakan apa yang berlangsung terhadap tokoh. Sebagai contoh, sebuah cerpen berisikan kisah berkenaan anak yang mulai sedih gara-gara ditinggal orang tuanya bekerja jauh. Cerita ini dapat begitu membekas terhadap pembaca yang terhitung dulu merasakannya. Jadi, pertimbangkan pengalaman yang dapat Anda tuliskan khususnya dahulu, apakah nantinya pembaca dapat sadar cerita bersama dengan ringan atau apalagi susah di dalam sadar urutan cerita gara-gara jauh dari pengalaman khusus mereka. 

3. Pilih cerita mengharukan
Tidak dapat dipungkiri bahwa cerita bersama dengan tema yang mengharukan dapat lebih ringan mendapatkan simpati dari para pembaca, walaupun memang tidak melulu perlu cerita sedih. Setiap orang mempunyai hati nurani yang dapat memberi tambahan reaksi iba andaikan sadar cerita yang mengharukan, khususnya kecuali mereka terhitung mengalami hal yang sama. Kita dapat lebih simpati terhadap cerita seorang nenek atau kakek yang perlu bekerja keras mencari makan bersama dengan berjualan kerupuk di tepi jalur dibanding kisah cinta yang romantis. Cerita-cerita sedih terbukti dapat memicu hati pembaca tersentuh. Tapi, hal ini terhitung tergantung terhadap urutan cerita yang dibuat. 

4. Cerpen dapat menuliskan seluruh perasaan bersama dengan jelas
Salah satu kelemahan dari cerpen adalah tidak mempunyai gambar yang menunjang urutan cerita, berlainan bersama dengan komik. Meskipun demikian, kami dapat menuliskan segala ungkapan atau postingan bersama dengan lebih cermat supaya para pembaca dapat memahaminya bersama dengan jelas. Kita dapat menggapai hati pembaca bersama dengan mengungkapkan segala perasaan tokoh bersama dengan lugas supaya mereka tidak perlu menebak-nebak apa yang dirasakan oleh tokoh di di dalam cerpen. Anda terhitung dapat menuliskan bermacam mungkin yang dipikirkan oleh para pembaca, layaknya mungkin ia mulai kecewa atau marah, hmm tidak, kali ini dia benci padaku. Pemikiran dan perasaan yang diungkapkan di dalam cerita dapat menyentuh hati pembacanya. 

Tidak ringan memicu pembaca merasakan cerita yang mendalam dari suatu tulisan. Beberapa tips di atas dapat dijalankan sebagai usaha untuk mendapatkan hati para pembaca.

No comments:

Post a Comment